Misteri Penemuan Lubang Raksasa Di Ujung Utara Bumi

shares |

loading...
Misteri Penemuan Lubang Raksasa Di Ujung Utara BumiSejumlah teori telah mengemuka untuk menjelaskan munculnya lubang misterius di Siberia , Rusia. Mulai dari alien , tumbukan meteorit ke bumi , hunjaman rudal , hingga ledakan yang ditimbulkan oleh memuainya gas dalam tanah akhir pemanasan global. Teori terakhir paling banyak diyakini oleh para ilmuan.
Meski demikian , para ilmuan tetap tak puas dengan teori tersebut. Sehingga mereka kembali ke lubang itu untuk mencari jawaban atas keragu-raguan itu. Tak hanya datang , mereka ternyata juga melongok ke dalam lubang raksasa di Semenanjung Yamal , kawasan yang secara harfiah berarti ujung bumi , ini.

( Baca : Misteri Aramu Muru , Portal Kuno Menuju Dunia Lain )


Dikutip Dream dari laman The Siberian Times , Rabu 23 Juli 2014 , para ilmuan kembali meneliti lubang misterius tersebut setelah datang pada Rabu pekan lalu. Ekspedisi pertama di lokasi mengambil gambar di sekitar bibir lubang yang tampak hitam. Namun kali ini para ilmuan menggunakan satelit Rusia untuk memastikan bagaimana lubang raksasa itu terbentuk , termasuk bagian dalamnya.
Menguak Isi Lubang Misterius di Ujung Utara Bumi
Dinding lubang menghitam
Sumber: The Siberian Times
Dari penelitian lebih lanjut itu , diketahui bahwa lubang tersebut memiliki kedalaman sekitar 70 meter. Di bagian dasarnya terlihat semacam danau es , terlihat juga air yang mengucur , mengikis tanah di dalam. Penelitian ini juga menyampaikan bahwa ukuran lubang ini tdak selebar perkiraan sebelumnya , yaitu berdiameter antara 50 hingga 100 meter.
Ilmuan Senior dari Pusat Penelitian Negara untuk Penelitian Artik , Andrey Plekhanov , mengatakan kawah ini lebih berbentuk oval , bukan lingkaran bulat sempurna. Sehingga sangat sulit untuk menentukan ukuran diameter secara pasti. "Sampai sekarang perkiraan kami (diameternya) sekitar tiga puluh meter ," tutur Plekhanov.
"Jika kita mencoba untuk memastikan diameter bersama-sama dengan emisi tanah , yang disebut tembok pembatas , maka diameternya hingga enam puluh meter. Kawah ini lima puluh hingga tujuh puluh meter ," tambah dia.

( Baca : Misteri denting lonceng di kuburan Belanda Menteng Pulo )


Para peneliti tidak mampu hingga masuk ke dasar danau es , namun hanya mampu masuk ke dalam lubang tersebut. "Ada es di dalam kawah yang mencair secara bertahap di bawah matahari ," ujar Plekhanov.
"Juga ada air mengucur pada sisinya , Anda dapat melihat jejak air pada gambar. Kawah ini terdiri dari es sekitar delapan puluh persen."
Menguak Isi Lubang Misterius di Ujung Utara Bumi
Danau es di dasar lubang misterius Siberia
Sumber: The Siberian Times
Sebelumnya , para peneliti juga telah mengambil sampel tanah dan es dan kemudian menelitinya di laboratorium. "Kami mampu yakin mengatakan bahwa kawah ini muncul relatif baru , mungkin dalam satu atau dua tahun lalu. Sehingga ini merupakan isu baru , kita tidak bicara perihal kejadian puluhan tahun silam ," kata Plekhanov.
Para ilmuan , kata dia , harus melanjutkan penelitian untuk memastikan apakah lubang itu benar-benar terbentuk sebab letupan akhir memuainya gas yang dipengaruhi oleh perubahan suhu gara-gara pemanasan global.
Pada dua ekspresi dominan panas sebelumnya , 2012 dan 2013 , memang suhu di Yamal relatif panas. Mungkin ni yang menurut Plekhanov menimbulkan pembentukan lubang tersebut. "Tapi kami harus melaksanakan tes dan penelitian pertama dan kemudian menyimpulkannya dengan lebih tepat ," ujar dia.
Namun , terori yang paling mungkin untuk menjelaskan terbentuknya lubang itu ketika ini yaitu adanya energi dari dalam , bukan dari luar. "Untuk sekarang kami dapat mengatakan dnegan pasti bahwa di bawah pengaruh proses internal ada injeksi di permafrost atau lapisan es. Saya ingin menekankan bahwa ini bukanlah ledakan , tapi injeksi , sehingga tidak ada panas yang dilepaskan mirip yang terjadi ," kata Plekhanov.

( Baca : Misteri final hidup suzana )

Dia mengutip penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan pada tahun 1980-an. Penelitian itu telah ditinggalkan dan dilupakan selama beberapa tahun. "Teori itu menyebut bahwa sejumlah danau di Yamal terbentuk sebab proses alami persis mirip yang terjadi pada lapisan es."
"Seperti proses yang terjadi sekitar 8.000 tahun lalu. Mungkin ini terulang sekarang. Jika teori ini benar , kita dapat mengatakan bahwa kita telah menyaksikan proses alam yang unik yang membentuk lanskap yang tidak biasa di Semenanjung Yamal ," tambah Plekhanov.
Menguak Isi Lubang Misterius di Ujung Utara Bumi
Mulut lubang dilihat dari dekat/ The Siberian Times
Memang para ilmuan menerka lubang itu terbentuk sebab proses alami. Sebab , tidak ditemukan dampak antropogenik , atau dampak dari campur tangan insan , di akrab kawah. Kecuali jejak kereta luncur dan kaki-kaki rusa.
Sehingga Plekhanov mengatakan , "Jika lubang ini hasil bencana buatan insan dihubungkan dengan pemompaan gas , peristiwa ini mungkin akan terjadi lebih akrab dengan ladang gas." Namun ini jaraknya sekitar 30 kilometer dari ladang gas alam.
Dia juga menolak teori yang menyebut lubang itu terbentuk sebab UFO masuk ke dalam bumi. "Tidak ada yang misterius terkait lubang itu. Tidak ada yang gila atau tidak mampu dijelaskan di sana , (nyatanya) kami kembali dengan selamat ," tambah Plekhanov.
Meski demikian , dia mengaku baru kali ini melihat fenomena mirip ini. "Saya tidak pernah melihat apapun mirip ini , meskipun saya telah datang ke Yamal berulang kali." (Ism)

( Baca : Misteri Pulau Arwah Di Italia )

sumber: Dream.co.id
loading...

>>>